EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tubuhku Melalui Media Gambar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin

Sumiati, Sumiati (2014) Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tubuhku Melalui Media Gambar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (219kB) | Preview

ABSTRAK

Sumiati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tubuhku Melalui Media Gambar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin. Skripsi, Program Dual Mode System, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Mariani, M.Pd.I Penelitian ini berawal dari keadaan masih banyak ditemukan siswa di kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin yang belum memahami secara baik materi IPA, khususnya tentang materi ”Tubuhku”. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi tubuhku siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin melalui penerapan pembelajaran melalui media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian secara bertahap, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi IPA pada materi tubuhku. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut dengan penerapan pembelajaran melalui media gambar. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menerapkan pembelajaran melalui media gambar dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran dan pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x 35 menit selama dua siklus sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas siklus I, dan siklus II penelitian ini, diperoleh data : a) Kegiatan guru dalam pembelajaran berlangsung baik dan meningkat setiap kali pertemuan, siklus I pertemuan pertama 66,1%, siklus I pertemuan kedua 72,2%, siklus II pertemuan pertama 77,39%, dan siklus II pertemuan kedua 83,48%. b) Aktivitas siswa meningkat setiap pertemuan. Siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran dengan persentase siklus I pertemuan pertama 43,3%, siklus I pertemuan kedua 56,2%, siklus II pertemuan pertama 71,9%, dan siklus II pertemuan kedua 85,2%. c) Hasil belajar siswa juga meningkat setiap pertemuan dan telah mencapai Standar Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan. Siklus I pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 55,5 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan kedua menjadi 61,1 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan pertama menjadi 67,6 juga masih di bawah indikator ketuntasan belajar, siklus II pertemuan kedua 72,3 di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (70,00). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui media gambar dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi tubuhku siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fata 1 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:03
Last Modified: 20 Aug 2015 05:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item