EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching Kelas IV MI Darul Ulum Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Skrupsi

Mardiana, Mardiana (2014) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching Kelas IV MI Darul Ulum Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Skrupsi. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (415kB) | Preview

ABSTRAK

Mardiana, 2014, Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching Kelas IV MI Darul Ulum Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Skrupsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. H. Abdul Manaf, M.Pd Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil pengamatan terhadap aktivitas riil di lapangan (MI Darul Ulum) kegiatan belajar mengajar di sekolah pada umumnya cederung monoton dan tidak menarik, sehingga beberapa adalah IPA atau sains. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa hal, diantaranya : adanya korelasi positif dengan perolehan NEM pelajaran tersebut yang selalu menempati urutan terendah. Selain itu, motivasi anak dalam belajar IPA menjadi rendah dikarenakan model pembelajaran yang tidak menarik (ceramah), oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dapat dirumuskan permasalahan yaitu “Bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar kelas IV MI dengan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pelajaran IPA?”. Tujuan dari penelitian ini dengan model pembelajaran quantum teaching adalah sebuah pilihan tepat bagi guru MI guna menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar IPA. Lebih dari itu, model pembelajaran ini menjadikan pengajaran dan pembelajaran lebih menggairahkan sehingga prestasi dan hasil belajar siswa dapat lebih meningkat lagi. Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan identik dengan satu kali pembelajaran: perencanaan (planning), Pelaksanaan (acting), observasi (Observing), Refleksi (Reflecting). Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilakukan dalam Pembelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten; semester genap tahun 2014 pada topik Energi Alternatif. Jumlah siswa yang menjadi populasi penelitian sebanyak 24 orang terdiri 17 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa orang siswa perempuan. Dari hasil tes evaluasi siklus II bahwa persentasi banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 85% sehingga sudah memenuhi indicator keberhasilan. Dari hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok energi alternative siswa kelas IV Semester II MI Darul Ulum Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini di saran yang dapat disampaikan adalah bahwa guru mata pelajaran harus kreatif dan bersemangat dalam menyampaikan pelajaran, supaya siswa bisa lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Mudah-mudahan penelitian ini bermanfaat dan dapat mendorong para praktisi dibidang pendidikan supaya selalu berkarya dan membangun pendidikan kearah yang lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:03
Last Modified: 20 Aug 2015 05:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item