EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Mengenal Nilai Tempat Dengan Media Kartu BilanganPada Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin II Tahun Pelajaran 2014/2015

Tiwi, M. Arsyad (2015) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Mengenal Nilai Tempat Dengan Media Kartu BilanganPada Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (633kB) | Preview

ABSTRAK

Tiwi. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Mengenal Nilai Tempat Dengan Media Kartu BilanganPada Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin II Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. M. Ramli AR, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Kartu Bilangan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas I semester II pada MI Al Mujahidin II Banjarmasin untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan media kartu bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Mujahidin I Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, berjumlah 19 orang, dengan komposisi laki-laki 11 siswa dan perempuan 8 siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80,36% dan siklus II menjadi 89,29%, sebesar peningkatannya terjadi sebesar 8,93%. Sedangkan nilai rata-rata persentase aktivitas guru selama dua siklus adalah 84,83 kategori sangat aktif. Hal ini disebabkan karena sebagian besar aspek observasi guru sudah terlaksana dengan baik, hanya ada beberapa aspek yang belum terlaksana seperti belum terlaksananya alokasi waktu seperti yang diharapkan serta pembelajaran belum runtut. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 60,72% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 85,72%, peningkatannya sebesar 25%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada kedua siklus adalah 73,22 kategori aktif (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 6,69 meningkat menjadi 8,48 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 1,79. Nilai rata-rata dari kedua siklus adalah 7,58 dan termasuk kategori tuntas karena sudah mencapai ketuntasan minimal yaitu 7,00. .

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 19 Aug 2015 02:50
Last Modified: 19 Aug 2015 02:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item