EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui metode Diskusi Kelompok di Kelas V MIN Jumba Kecamatan Amuntai Selatan Kab. Hulu Sungai Utara

Hayani, Hayani (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui metode Diskusi Kelompok di Kelas V MIN Jumba Kecamatan Amuntai Selatan Kab. Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (124kB) | Preview

ABSTRAK

Hayani. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui metode Diskusi Kelompok di Kelas V MIN Jumba Kecamatan Amuntai Selatan Kab. Hulu Sungai Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru MI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Ahdi Mahmur, M. Ag., Ph.D. Kata kunci, Hasil Belajar, PKn, Metode Diskusi Kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II pada MIN Jumba kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk mata pelajaran PKn dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Jumba pada semester genap tahun pelajaran 2013 / 2014 , dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. dengan tindakan menggunakan model metode diskusi kelompok. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Jumba, yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik, yaitu tes dan non tes ( observasi, wawancara, dan dokumenter ). Teknik tes digunakan untuk mengetahui data hasil belajar siswa, dan non tes ( observasi, wawancara dan dokumenter ) digunakan untuk melihat aktifitas siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berkenaan aspek kemampuan menggunakan metode Diskusi Kelompok. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Keaktifan sitasiswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 88,89 % menjadi 93,33 % , Jika pada siklus 1 masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan. (2) Hasil Belajar siswa secara rata-rata juga mengalami peningkatan yaitu nilai yang sebelumnya rata-rata 6,55 mengalami peningkatan menjadi 6,94( akhir siklus 1 ) , dan menjadi 7,89 ( akhir siklus 2 ). Pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN Jumba, aktifitas siswa dalam pembelajaran sangat membantu memahami pembelajaran, dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut membuat siswa tidak kaku sehingga hasil tes siswa pun meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 18 Aug 2015 09:53
Last Modified: 18 Aug 2015 09:53
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item