EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Minat Siswa Terhadap Pelajaran PKn (Di Kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin)

Ghina, Nabilah (2015) Minat Siswa Terhadap Pelajaran PKn (Di Kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin). Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (336kB) | Preview

ABSTRAK

Ghina Nabilah, 2015, Minat Siswa Terhadap Pelajaran PKn (Di Kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin), Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbingan Drs. H. Alfian Khairani, M. Pd. Pelajaran PKn dan pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kesamaan dalam hal tujuannya yaitu menanamkan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta budi pekerti atau akhlak yang luhur. Selain itu, Pendidikan Kewarganegaraan juga membentuk anak didik agar dapat memahami, mengamalkan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sehingga menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab mencakup pada dimensi pengetahuan kewarganegaraan, ketrampilan kewarganegaraan dan nilai-nilai kewarganegaraan. Sedangkan didalam Pendidikan Agama Islam, memiliki kepentingan pendidikan dalam mencapai dan mengamalkan moral atau akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan mengandung unsur yang sama. Hal ini sesuai dengan sifat bangsa Indonesia yang religius sehingga moral Pancasila lebih banyak mengacu pada tatanan nilai yang ada dalam agama. Dengan demikian karena secara materi atau kajian isinya merupakan pendidikan yang sama-sama berorientasi dalam membentuk peserta didik dan warga negara yang baik, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan konstitusi dan falsafah bangsa Indonesia. Minat merupakan salah satu faktor dalam menentukan prestasi belajar serta sebagai pendorong dalam mencapai suatu tujuan. Dalam dunia pendidikan minat merupakan salah satu cara untuk melihat ketertarikan siswa terhadap suatu pembelajaran. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana minat siswa terhadap pelajran PKn? Dengan rincian sub masalah (1) Bagaimana tingkat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn di kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin? Jenis penelitian ini adalah bersifat lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Selain itu pendekatan ini lebih menekankan kepada analisis pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta dalam penelitian memiliki hubungan dan dinamika antara fenomena yang diamati menggunakan logika ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat belajar siswa terhadap pelajaran PKn di kelas X SMA PGRI 4 Banjarmasin. Hasil temuan penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa minat belajar siswa terhadap pelajaran PKn di kelas X SMA PGRI 4 Banjarmsin tergolong sedang dan masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dalam analisis data, siswa tersebut kurang adanya perasaan senang, semangat, dorongan dan ketertarikan terhadap pelajaran PKn. Dalam dunia pendidikan diperlukan minat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemudian selain pendidik, orangtua dan lingkungan memiliki peran membantu meningkatkan minat siswa yang ingin dicapai.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 18 Aug 2015 09:52
Last Modified: 18 Aug 2015 09:52
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item