EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

trategi Menghafal Alquran Pada Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin Dan Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Kertak Hanyar

Gusti, Muhammad Irhamna Husin (2015) trategi Menghafal Alquran Pada Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin Dan Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Kertak Hanyar. Tesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (378kB) | Preview

ABSTRAK

Gt. Muhammad Irhamna Husin, Strategi Menghafal Alquran Pada Pondok Pesantren Al-Ihsan Banjarmasin Dan Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Kertak Hanyar. Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag dan Dr. M. Daud Yahya, M.Ag. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015. Suatu penelitian yang didasari atas suatu anggapan bahwa strategi pembelajaran menghafal Alquran bagi santri yang dilaksanakan oleh asatidz sangat penting dilakukan, sebab strategi asatidz memegang salah satu peranan penting dalam keberhasilan menghafal santri. Problem yang dihadapi adalah strategi yang digunakan monoton sehingga santri kurang semangat dalam menghafal Alquran. Pokok permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah bagaimana strategi menghafal Alquran yang dilaksanakan oleh asatidz terhadap santri, bagaimana evaluasi yang dilakukan dan problem yang dihadapi pada pondok pesantren al-Ihsan Banjarmasin dan pondok pesantren Manba’ul Ulum Kertak Hanyar. Sesuai dengan sifatnya yang tergolong penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, maka untuk teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumenter, kemudian data dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren al-Ihsan menerapkan strategi bervariasi diantaranya: sabaq, sabqi, tanzil, gardan, juga kooperatif learning yaitu lebih sering melakukan belajar kelompok sedangkan pelaksanaannya memakai halaqoh-halaqoh. Adapun Pondok Pesantren Manba’ul Ulum menerapkan strategi tradisional. Kegiatannya hanya menyetor dan mengulang, sedangkan pelaksanaannya memakai sorogan. Pembelajaran menghafal Alquran bagi santri yang dilakukan oleh asatidz dari subjek yang diteliti secara mendasar dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan asatidz yang berasal dari pondok pesantren/pondok menghafal. Asatidz yang mempunyai latar belakang pendidikan menghafal Alquran yang baik dan memahaminya serta melaksanakannya sesuai dengan anjuran Alquran dengan penuh kesadaran sebagai asatidz yang menjalankan tugas dan kewajibannya, dalam hal pembelajaran menghafal Alquran kepada santri bisa dikatakan baik. Sadar akan strategi, metode dan teknik yang dilakukan untuk memudahkan santri menghafal Alquran, serta selalu mengupgrade (memperbaharui) metode-metode yang sedang berkembang di zaman ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 18 Aug 2015 09:51
Last Modified: 18 Aug 2015 09:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item