EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektivitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin

Rusiana, Rudin (2015) Efektivitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (300kB) | Preview

ABSTRAK

Rusiana. 2015. Efektivitas Pembelajaran Membaca Alquran Dengan Metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: H. Fahmi Hamdi, Lc, MA. Penelitian ini mengemukakan tentang efektivitas pembelajaran Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin, sejauh mana efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dan mengetahui efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru pengajarAlquran dan115 siswa kelas VI yang sudah tingkat Alquran kelas gharib dan tajwid, sedangkan objek penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, angket, tes kemampuan dan dokumentasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding, tabulating serta interpretasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Meliputi pengelolaan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai dengan pedoman mengajar metode Ummi. Efektivitas pembelajaran membaca Alquran dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin dapat dikatakan efektif hal ini dilihat dari proses dan hasil pembelajaran dari hasil angket proses pembelajaran menunjukkan tanggapan positif dari siswa dan dari hasil tes kemampuan siswa membaca Alquran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dari 115 siswa diketahui kemampuan membaca Alquran dengan makhraj huruf dengan nilai rata-rata 88,65 dan nilai rata-rata kefasihan membaca Alquran dengan kaidah ilmu tajwid yaitu 87,95 termasuk kategori sangat mampu dan mencapai tujuan pembelajaran tahsin Alquran di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Yaitu siswa mampu membaca Alquran dengan tartil.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 18 Aug 2015 09:51
Last Modified: 18 Aug 2015 09:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item