EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA

Sarkila, Budian Noor (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA. Tesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (305kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak baik itu anak normal atau pun anak yang memiliki kelainan fisik. Karena dengan adanya pendidikan anak-anak akan lebih terarah dan terjaga dalam proses tingkah lakunya terutama pada anak yang memiliki kelainan. Mereka juga mempunyai hak yang sama dengan anak normal pada umumnya dalam memperoleh pendidikan khususnya mata pelajaran PAI, dengan belajar Pendidikan Agama Islam siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan minimal dapat mengatasi permasalahan ringan yang dihadapinya dalam proses pembelajaran dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja strategi pembelajaran PAI dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam yang mengajar di kelas IV dan 14 orang siswa di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito kuala. Adapun yang menjadi Objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Agama Islam di SDLB Negeri Marabahan Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan melalui observasi, wawancara dan dokumenter, adapun teknik pengolahan data yang di gunakan adalah klasifikasi data dan interpretasi data, kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran PAI di SDLB Negeri Marabahan yang diterapkan adalah strategi picture and picture yang dimulai dari penjelasan awal dari guru sebagai materi pengantar kemudian guru menunjukan picture-picture yang berkaitan dengan materi pembelajaran, dan memanggil masing-masing siswa secara bergantian untuk memasang/menempel picture-picture kedepan kelas sesuai dengan urutan yang logis. Guru kemudian menanyakan alasan siswa tentang urutan picture-picture dan mulai menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Dengan penggunaan strategi picture and picture siswa tunagrahita begitu antusias dalam proses transper ilmu, karena perencanaan, materi yang sesuai diberikan, metode dan alat yang digunakan, dengan adanya aktifitas guru dan siswa pada saat pembelajaran sehingga dapat dilaksanakannya evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam strategi pembelajaran PAI pada siswa Tunagrahita di SDLB Negeri Marabahan yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor fasilitas dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Juhaidi Ahmad AJ
Date Deposited: 25 Jun 2015 04:28
Last Modified: 25 Jun 2015 04:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item View Item