EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menerapkan Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas 1 MI Darul Ulum Banjarmasin

Ani, Mulyani (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menerapkan Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas 1 MI Darul Ulum Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (730kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Ani Mulyani. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan Menerapkan Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas 1 MI Darul Ulum Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. H. Ridhahani Fidzi, M.Pd Kata Kunci: Meningkatkan Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Examples Non Examples. Dari penjajakan awal ke MI Darul Ulum Banjarmasin, penulis menemukan sebuah masalah dalam proses pembelajaran kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis permulaan. Yakni masih ada beberapa siswa yang belum mengenal huruf alfabet dengan baik, hingga siswa banyak mengalami kekeliruan dalam mengenal huruf dan belum mampu membedakan huruf besar dan kecil dengan baik dan benar, serta dalam menulis siswa juga banyak mengalami kekeliruan seperti menghilangkan huruf dalam satu kata. Fokus dalam penelitian adalah kendala yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran menulis permulaan di MI Darul Ulum Banjarmasin, kesulitan siswa dalam proses pembelajaran menulis permulaan di MI Darul Ulum Banjarmasin, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan menulis permulaan di MI Darul Ulum Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan merupakan model pembelajaran Examples Non Examples, untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran menulis permulaan, dan untuk mengetahui sejauh mana upaya guru dalam proses pembelajaran menulis permulaan di MI Darul Ulum Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Darul Ulum Banjarmasin yang berjumlah 30 orang sedangkan objeknya adalah meningkatkan kemampuan menulis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes, observasi, dan praktek menulis/ menyalin. Alat pengumpulan data PTK ini meliputi penugasan dan lembar observasi Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Examples Non Examples yang dilaksanakan dua siklus, dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di MI Darul Ulum Banjarmasin. Baik itu dari Kegiatan guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa yang makin aktif dan antusias setiap siklusnya dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I dan siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 17 Aug 2015 13:39
Last Modified: 17 Aug 2015 13:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item