EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Eksperimentasi Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) pada Materi bentuk Aljabar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Azhar Tahun Pelajaran 2014/2015

Damayanti, Damayanti (2015) Eksperimentasi Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) pada Materi bentuk Aljabar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Azhar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I skripsi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV skripsi.pdf

Download (123kB) | Preview

ABSTRAK

Damayanti. 2015. Eksperimentasi Model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) pada Materi bentuk Aljabar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darul Azhar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria, S.Pd., M.Si. Berbagai macam permasalahan dalam pendidikan salah satunya tingkat kesulitan siswa dalam memahami materi sehingga perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran, salah satunya penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran yang menekankan sikap mental dan emosi pada siswa sehingga akan berdampak pada prestasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang mampu mendorong mereka untuk bersaing dengan diri sendiri yang mengarah pada sikap, mental dan emosi pada siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran ARIAS pada materi aljabar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiah Darul Azhar. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga terdapat 2 kelas yaitu kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran konvensional) dan kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran ARIAS). Sampel penelitian siswa kelas VIIA dan kelas VIIB Madrasah Tsanawiah Darul Azhar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan pembelajaran ARIAS sedikit lebih tinggi yakni 78,08 dibandingkan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yakni 72,32. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 17 Aug 2015 13:39
Last Modified: 17 Aug 2015 13:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1394

Actions (login required)

View Item View Item