EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menyederhanakan Pecahan dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin

Noor, Nahdian (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menyederhanakan Pecahan dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview

ABSTRAK

Nahdian Noor. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Menyederhanakan Pecahan dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Siswa Kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Hj. Ikta Yarliani, M.Pd. Kata kunci : Hasil belajar, metode kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran Matematika materi menyederhanakan pecahan dan membuktikan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi menyederhanakan pecahan siswa kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Purut pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 23 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kategorisasi berdasarkan nilai rata-rata dan persentasi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Penerapan metode kerja kelompok pada mata pelajaran Matematika materi menyederhanakan pecahan di kalangan siswa kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin yang dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara langsung melakukan tugas-tugas latihan dalam kerja kelompok dengan arahan dan bimbingan guru, menjadikan pembelajaran lebih bermakna, lebih berkesan dan siswa lebih aktif. Oleh karena itu metode kerja kelompok adalah salah satu metode dalam proses pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajar; (2) Melalui penerapan metode kerja kelompok hasil belajar Matematika materi menyederhanakan pecahan siswa kelas IV MIN Purut Kabupaten Tapin dapat ditingkatkan. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara bertahap, baik secara berkelompok maupun perorangan. pada siklus I terdapat sebanyak 68% nilai siswa masih dibawah KKM, sedangkan pada siklus II, sebanyak 78% siswa sudah mencapai KKM. Demikian pula rata-rata nilai individual, pada siklus I masih terdapat sebanyak 56,52% nilai siswa masih dibawah KKM (70). Pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM adalah sebanyak 43,48%, bahkan sebanyak 39,13% mencapai nilai 80. Secara keseluruhan nilai siswa telah mencapai target Kriteria Ketuntasan Belajar Minimum mata pelajaran Matematika yang ditetapkan yaitu 70,00. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 14 Aug 2015 01:09
Last Modified: 14 Aug 2015 01:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item