EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Metode Cepat Tanggap Belajar Alquran (CTBA) An-Nahdiyah pada Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) di MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU

Hapsah, Siti (2015) Penerapan Metode Cepat Tanggap Belajar Alquran (CTBA) An-Nahdiyah pada Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) di MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (267kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Hapsah. 2015. Penerapan Metode Cepat Tanggap Belajar Alquran (CTBA) An-Nahdiyah pada Pembelajaran Baca Tulis Alquran (BTA) di MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Tamjidnor, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci: Penerapan, Metode CTBA An-Nahdiyah, Baca Tulis Alquran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode CTBA An-Nahdiyah pada pembelajaran BTA di MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru BTA dan seluruh siswa kelas VI MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU sebanyak 21 orang siswa terdiri dari 8 orang siswa dan 13 orang siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah setelah data terkumpul dan diinterpretasikan, penulis mengadakan analisis data terhadap permasalahan yang dikemukakan. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan data ke dalam bentuk kalimat atau uraian sehingga terlihat jelas bagaimana penerapan metode CTBA An-Nahdiyah pada pembelajaran BTA di MI Nurul Hikmah Kecamatan Danau Panggang Kabupaten HSU dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selanjutnya dapat ditarik kesimpulannya dengan menggunakan metode induktif, yakni menarik kesimpulan dari hal-hal yang sifatnya khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTBA An-Nahdiyah pada pembelajaran Baca Tulis Alquran di MI Nurul Hikmah terlaksana dalam kategori cukup terlaksana dengan indikasi terlaksananya sebagian besar aspek-aspek penerapan metode CTBA An-Nahdiyah sesuai dengan buku pedomannya. Kemudian latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar guru yang sesuai dengan syarat menjadi guru metode CTBA An-Nahdiyah serta minat siswa yang sangat tinggi terhadap pembelajaran BTA menggunakan Metode CTBA An-Nahdiyah menjadikan penerapan metode CTBA An-Nahdiyah pada pembelajaran BTA dapat berjalan dengan cukup lancar dan dapat dikatakan cukup terlaksana. Selain itu ada faktor-faktor yang sudah mencukupi seperti waktu serta sarana dan prasarana yang tersedia juga cukup memadai.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 14 Aug 2015 00:59
Last Modified: 14 Aug 2015 00:59
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item