EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Energi Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas II MIN Sungai Jaranih

Sayuti, Sayuti (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Energi Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas II MIN Sungai Jaranih. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (282kB) | Preview

ABSTRAK

Sayuti. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Energi Melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa Kelas II MIN Sungai Jaranih. Skripsi PTK. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah. Pembimbing: Drs. H. Hilmi Mizani, M.Ag. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi masih sangat rendah. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menggunakan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diharapkan agar hasil belajar siswa lebih meningkat. Diketahui, bahwa siswa kelas II MIN Sungai Jaranih tanggapan dalam pembelajaran sangat kurang, sehingga siswa tidak berhasil dalam mengerjakan soal latihan yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Sungai Jaranih yang berjumlah 18 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes lisan, observasi, wawancara, diskusi dan angket. Dalam analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi dengan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar, terlihat dari hasil belajar dari siklus II yang hasilnya lebih baik dari siklus I Hal tersebut dipengaruhi oleh guru yang pandai memilih metode dan kegiatan guru dalam pembelajaran dengan persentase yang baik. Di samping itu, aktivitas siswa dan gairah siswa dalam pembelajaran juga mempengaruhi terhadap meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 14 Aug 2015 00:56
Last Modified: 14 Aug 2015 00:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item