EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Melalui Model Make A Match Siswa Kelas V MI. Raudhatus Shibyan Kabupaten Banjar

Suadi, Suadi (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Melalui Model Make A Match Siswa Kelas V MI. Raudhatus Shibyan Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (359kB) | Preview

ABSTRAK

Suaidi, 2015, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Alat Pencernaan Manusia Melalui Model Make A Match Siswa Kelas V MI. Raudhatus Shibyan Kabupaten Banjar, Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan , Pembimbing Siti Shalihah, S.Pd., MS. Kata kunci : Hasil belajar, IPA Make A Match Penelitian ini bertujuan untuk melihat/mengetahui aktivitas guru dalam proses pembelajaran dan untuk melihat aktivitas belajar siswa pada materi Alat Pencernaan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatus Shibyan Desa Lok Gabang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Alat Pencernaan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatus Shibyan Desa Lok Gabang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Masalah yang diteliti dirumuskan, bagaimana aktivitas guru menggunakan Model Make A Match untuk meningkatkan proses pembelajaran pada materi Alat Pencernaan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatus Shibyan Desa Lok Gabang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar ? Bagaimana aktivitas belajar siswa menggunakan Model Make A Match untuk meningkatkan proses pembelajaran pada materi Alat Pencernaan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatus Shibyan Desa Lok Gabang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar ? Bagaiamana meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Model Make A Match pada materi Alat Pencernaan Manusia kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudhatus Shibyan Desa Lok Gabang Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar ? Aktivitas guru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match juga mengalami peningkatan yaitu guru dapat memeriksa kesiapan siswa memotivasi siswa, pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan, melaksanakan pembelajaran secara runtut, dan membuat rangkuman dengan melibatkan siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match juga mengaalami peningkatan yaitu siswa memperhatikan waktu guru mengadakan apersepsi, sudah berani mengajukan dan menjawab pertanyaan, dan siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan.Hasil penelitian ini diperoleh, hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus berikutnya terus mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata 58,00, pada siklus I pertemuan kedua rata-rata 62,00, siklus II pertemuan pertama rata-rata 71,00, siklus II pertemuan kedua rata-rata 78,00 dan dinyatakan berhasil, karena berada di atas kreteria ketuntasan minimal yang ditetapkan kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam rata-rata nilai 60,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 17 Aug 2015 13:37
Last Modified: 17 Aug 2015 13:37
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item