EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Qira’ah pada Siswa Kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri Binuang

Bardaini, Bardaini (2015) Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Qira’ah pada Siswa Kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri Binuang. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview

ABSTRAK

Bardaini. 2015. Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Qira’ah pada Siswa Kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri Binuang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Abu Qasim, M. Ag. Kata kunci : قدرة مهارة القراءة , باستعمال طريقة القراءة Keterampilan membaca bahasa Arab, menggunakan metode Qira’ah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab kelas VIII D semester II pada MTsN Binuang untuk mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Qira’ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D pada MTsN Binuang semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian diperoleh (1) Observasi kegiatan pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 85,18% dengan skor rata-rata 3,22 menjadi100% dengan skor rata-rata 3,64, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan pada keterampilan membaca bahasa Arab, maka pada siklus II komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan siswa; (2) Observasi aktivitas siswa dalam kegiatan belajar keterampilan membaca bahasa Arab secara individual juga mengalami peningkatan (akhir siklus 1) dengan nilai 78% menjadi 92% (akhir siklus 2); (3) Hasil tes belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 6,45 % (akhir siklus I) menjadi 8,11% (akhir siklus II) di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran bahasa Arab yang telah ditetapkan yaitu 70,50 dari hasil penelitian di atas bahwa keterampilan membaca bahasa Arab siswa dikategorikan cukup baik (akhir siklus I) menjadi kategori baik (akhir siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 17 Aug 2015 13:38
Last Modified: 17 Aug 2015 13:38
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1376

Actions (login required)

View Item View Item