EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Korelasi Antara Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar PAI, dan Iklim Keagamaan Sekolahdengan Sikap Keberagamaan Siswa di SMP Islam Kepung Kediri

Hasan, Ahmad Fuad (2015) Korelasi Antara Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar PAI, dan Iklim Keagamaan Sekolahdengan Sikap Keberagamaan Siswa di SMP Islam Kepung Kediri. Tesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
TESIS_BAB 1_040815.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS_BAB 4_200615.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS_BAB 5_200615.pdf

Download (77kB) | Preview

ABSTRAK

Ahmad Fuad Hasan: Korelasi Antara Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, Prestasi Belajar PAI, dan Iklim Keagamaan Sekolahdengan Sikap Keberagamaan Siswa di SMP Islam Kepung Kediri, di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M. A. dan (II) Dr. Hj. Salamah, M. Pd., Tesis pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin,Tahun 2015. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Prestasi Belajar, Iklim Keagamaan, dan Sikap Keberagamaan Sikap keberagamaan merupakan suatu keadaan diri seseorang dimana setiap melakukan aktivitasnya selalu bertautan dengan agamanya. Semua aktivitas yang dilakukan berdasarkan keyakinan hatinya yang dilandasi dengan keimanan. Faktor-faktor yang memengaruhi sikap dan perilaku keberagamaan anak, diantaranya adalah (a) Faktor dari dalam (intern), yaitu kesadaran individu untuk menjalankan kewajibannya. (b) Faktor dari luar (ekstern), yaitu factor lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Studi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimanakah latar belakang pendidikan orang tua siswa di SMP Islam Kepung, (2) bagaimanakah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMP Islam Kepung, (3) bagaimanakah iklim keagamaan di SMP Islam Kepung, (4) bagaimanakah sikap keberagamaan siswa SMP Islam Kepung, (5) adakah korelasi antara latar belakang pendidikan keluarga dengan sikap keberagamaan siswa di SMP Islam Kepung, (6) adakah korelasi antara prestasi belajar pendidikan agama Islam dengan sikap keberagamaan siswa di SMP Islam Kepung, (7) adakah korelasi antara iklim keberagamaan sekolah dengan sikap keberagamaan siswa di SMP Islam Kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Data dikumpulkan melalui teknik angket atau kuisioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara (interview). Selanjutnya data dianalisis dengan softwere SPSS versi 22.0 untuk menggambarkan dan mendapatkan suatu kesimpulan dari hasil penelitian. Penelitian ini menunjukkan: (1) tingkat pendidikan orang tua siswa secara umum tinggi, yaitu dengan persentasi sebesar 67,60%. (2) sebagian besar prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam berada pada kualitas yang tinggi (rentang nilai 75,00-87,40) yaitu dengan persentasi sebesar 92,40%. (3) iklim keagamaan sekolah secara umum sangat baik. yaitu dengan persentasi sebesar 84,76%. (4) sikap keberagamaan siswa secara umum sangat baik, yaitu dengan persentasi sebesar 84,76%. (5) Adanya hubungan yang positif signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua dengan Sikap Keberagamaan Siswa, yaitu dengan koefisien korelasi () positif sebesar 0,251 dan lebih besar dari nilai Sig 0,000. (6) adanya hubungan yang positif signifikan antara prestasi belajar PAI siswa dengan Sikap Keberagamaan Siswa, yaitu dengan koefisien korelasi () positif sebesar 0,807 dan lebih besar dari nilai Sig. 0,000. (7) adanya hubungan yang positif signifikan antara iklim keagamaan sekolah dengan Sikap Keberagamaan Siswa, yaitu dengan koefisien korelasi () positif sebesar 0,977 dan lebih besar dari nilai Sig. 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 17 Aug 2015 13:37
Last Modified: 17 Aug 2015 13:37
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item