EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share di Kelas IV MI Tawia Timur Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Hadi, Supian (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share di Kelas IV MI Tawia Timur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1,2.3.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (103kB) | Preview

ABSTRAK

Supian Hadi. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rangka Tubuh Manusia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share di Kelas IV MI Tawia Timur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : Drs. H.Muhammad Yusuf, M.Fil.I Kata kunci : Problema, Pembelajaran,Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran IPA di sekolah selama ini sebagian besar masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional, hal ini mengakibatkan rendahnya perhatian siswa sehingga hasil belajar yang dicapai mereka menjadi kurang optimal. Hal tersebut juga terjadi pada MI Tawia Timur Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada semester I pada MI Tawia Timur untuk mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Tawia Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 15 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 60.00% dengan rata-rata 63.33 pada siklus I menjadi 86.66% dengan rata-rata 74.00 pada siklus II di atas standar ketuntasan belajar mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yaitu 7.00. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman/pengetahuan siswa kelas IV MI Tawia Timur pada materi Rangka Tubuh Manusia sehingga memudahkan guru untuk mengelompokkan mereka secara heterogen dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:07
Last Modified: 12 Aug 2015 04:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item