EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pola Pembentukan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin dan Kitab Al-Akhlaq lil Banat Karya Umar bin Ahmad Baraja (kajian pedagogis dan psikologis)

Agung, Nugroho (2015) Pola Pembentukan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin dan Kitab Al-Akhlaq lil Banat Karya Umar bin Ahmad Baraja (kajian pedagogis dan psikologis). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (825kB) | Preview

ABSTRAK

Agung Nugroho, Pola Pembentukan Akhlak Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banin dan Kitab Al-Akhlaq lil Banat Karya Umar bin Ahmad Baraja (kajian pedagogis dan psikologis). Tesis. di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A. dan II: Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M. Ag. pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015. Kata kunci: Pola pembentukan,kitab al-Akhlāq lil Banīn - lil Banāt,pendekatan Pedagogis dan Psikologis Pembentukan akhlak sejak masih anank-anak terdapat dalam kitab al-Akhlāq lil Banīn dan akhlaq lil Banāt yang dikarang oleh Umar bin Ahmad Baraja. Kandungan materi yang terdapat dalam kitab tersebut berisi tentang akhlak keseharian bagi anak-anak laki-laki dan perempuan. Tesis ini bertujuan mendeskripsikan pembentukan akhlak dalam kitab tersebut dengan menggunakan pendekatan pedagogis dan psikologis. Pendekatan pedagogis digunakan untuk mendeskripsikan pola pembentukan akhlak mulai dari tujuan, materi, pendekatan dan metode. Sedangkan pendekatan psikologis digunakan untuk mengidentifikasi kadar dan tingkat kesesuaian materi, pendekatan dan metode dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif dan sosial moral anak. Tesis ini merupakan penelitian kepustakaan. Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi dan kajian literatur. Setelah data terkumpul,selanjutnya dilakukan analisis. Adapun analsis yang penulis gunakan adalah analisis secara deskriptif dengan pendekatan pedagogis dan psikologis. Hasil penelitian menunujukan : 1) Tujuan : penulisan kitab ini sesungguhnya untuk membimbing putra putri kepada kebaikan dengan menunjukan kepada mereka jalan yang lurus dan membiasakan mereka dengan keutamaan-keutamaan serta adab sejak anak-anak. Materi : materi akhlak yang terdapat dalam kitab ini tidak jauh berbeda dengan mater aqidah akhlak di Madrasah Ibtidayah. Pendekatan : pendekatan atau sudut pandang yang digunakan dalam kitab ini, yaitu pendekatan religious,sosiokultural,psikologis serta science (kesehatan). Metode : metode pembentukan akhlak yang terdapat dalam kitab ini seperti metode kisah, latihan/pembiasaan, keteladanan, ibrah dan mau’izhah (nasehat), targhib wa tahib. 2) Materi : materi-materi yang terdapat dalam pembahasan kitab ini sesuai dengan perkembangan anak. Penggunaan berbagai pendekatan dalam kitab ini akan memberikan alternative baru dalam memahamkan materi kepada anak. Metode yang digunakan dalam kitab ini secara psikologis sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif dan sosial moral anak. 3) Pola pembentukan akhlak dalam kitab ini memiliki implikasi terhadap pendidikan agama islam, khusunya berkaitan dengan materi, guru, pendekatan, dan metode. Pada aspek materi, pendidikan akhlak perlu memaksimalkan hidden curriculum. Pada aspek guru, hendaknya tidak hanya mengajarkan materi pengetahuan tetapi juga melatih keterampilan dan menanamkan nilai melalui pembiasaan. Pada aspek pendekatan, perlunya berbagai pendekatan dalam menjelaskan materi yang bersifat abstrak kepada anak. Selanjutnya metode pengajaran akhlak yang sesuai dengan anak berpulang pada kemampuan guru dalam memilih metode yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif dan sosial moral anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:07
Last Modified: 12 Aug 2015 04:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item