EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatam Aluh-Aluh Kabupaten Banjar,Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam

Fahriah, Fahriah (2015) Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatam Aluh-Aluh Kabupaten Banjar,Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (81kB) | Preview

ABSTRAK

Fahriah,2015, Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatam Aluh-Aluh Kabupaten Banjar,Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing Jamal Syarif, M.Ag. PelajaranAqidahAkhlakmerupakanpelajaran yang teoritisdanaplikatif.Pelajaranteoritismenanamkanilmupengetahuan, sedangkanpelajaranaplikatifmembentuksikapdanperilakudalamkehidupan.Jadi, tolokukurkeberhasilansiswatidakdapatdiukurdengantinggirendahnyatarafintelektualanak (aspekkognitif), melainkanhendaknyaharusdilihatdarisisibagaimanakarakteristik yang terbentukmelaluipendidikanformalnyayaituaspekafektifdanpsikomotoriknya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah. 1). Bagaimana pelaksanaan evaluasi ranah afektif mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, 2). Apa saja kendala dan penunjang yang dihadapi dalam pelaksanaan evaluasi ranah afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianlapanganataufield researchdengan pendekatan kualitatif, dianalisissecaradeskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan denganmetodewawancara, observasi, dandokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Objek dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Dari hasil penelitian, pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, meliputi: a). Sikap: Cara guru mengetahui kecendrungan peserta didik untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap mata pelajaran dan kondisi pembelajaran, b). Minat: Cara guru untuk menarik minat siswa yaitu guru mengetahui kemampuan peserta didiknya dalam memperoleh pemahaman untuk mencapai perhatian,c). Cara guru untuk mengetahui Moral siswa: guru memahamidenganbenarbagaimanacarapesertadidikmeresponsuatutindakan yang adadisekitarnya. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 5 Martapura Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar.meliputi: a).Faktor Pengalaman mengajar, yaitu sekitar 5 tahun b). Faktor minat guru, yaitu apabila guru itu sedang sakit, malas sehingga beliau tidak mempunyai kesiapan untuk melakukan penilaian ranah Afektif maka tidak akan terlaksana evaluasi ranah afektif, c). ketersediaan tenaga dan waktu, adanya pemikiran untuk membuat pedoman penilaian dan membutuhkan waktu yang lama untuk menilai,d). Faktor Lingkungan,apabilasiswadansiswinyaributmakatidakbisamelaksanakanpenilaiaanranahafektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:06
Last Modified: 12 Aug 2015 04:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item