EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Materi Hadits Dengan Strategi Tes Acak Pada Siswa Kelas IV MI Darul Aman Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015

Hamdanah, Hamdanah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Materi Hadits Dengan Strategi Tes Acak Pada Siswa Kelas IV MI Darul Aman Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (557kB) | Preview

ABSTRAK

Hamdanah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Materi Hadits Dengan Strategi Tes Acak Pada Siswa Kelas IV MI Darul Aman Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Imran Sarman, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Tes Acak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi tes acak. Dan apakah dengan strategi tes acak pada materi hadis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Aman untuk mata pelajaran Qur’an Hadis dengan menggunakan strategi tes acak. Metode yang digunakan disini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Aman tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) kegiatan guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari akhir siklus I sebesar 78,85% menjadi sebesar 88,45% di akhir siklus II, jika pada siklus I kesiapan siswa, penyampaian tujuan pembelajaran tidak disampaikan, pelaksanaan pembelajaran secara runtut, menyimpulkan pelajaran bersama siswa belum dilaksanakan, maka pada siklus II beberapa komponen itu sudah dilaksanakan; (2) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus II sebesar 66,25% menjadi 76,25%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan guru, aktivitas dalam kelompok, keceriaan dan antusiasme siswa dalam pembelajaran, menyimpulkan materi, maka pada siklus II beberapa komponen itu sudah bagus dilaksanakan siswa; (3) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan dengan rata-rata sebesar 58,99 (akhir siklus 1) menjadi 77,38 (akhir siklus II), maka hasil yang dicapai sudah diatas standar ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 70,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:06
Last Modified: 12 Aug 2015 04:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item