EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Studi Komparatif Minat Belajar Siswa Program IPA dengan Program IPS pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Safariah, Ulfah (2015) Studi Komparatif Minat Belajar Siswa Program IPA dengan Program IPS pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview

ABSTRAK

Safariah Ulfah, 2015. Studi Komparatif Minat Belajar Siswa Program IPA dengan Program IPS pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN 1Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Hamdan, M.Pd. Mata pelajaran Fiqih adalah mata pelajaran yang memberi kemampuan dasar siswa tentang nilai-nilai kesadaran beribadah, sehingga menjadi muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt, serta pengalaman terhadap hukum Islam, membentuk kedisiplinan dengan rasa tanggung jawab sosial, sebagaipribadi, masyarakat, dan sebagai warga negara. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang berarti antara minat belajar siswa program IPA dengan siswa program IPS pada mata pelajaran fiqih siswa kelas XI di MAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program IPA dan program IPS. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik purposif sampling yaitu mengambil sampel dari kelas XI program IPA dan program IPS yang dalam penelitian ini berjumlah 92 orang,seluruh sampel diteliti. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus studenttest, karena akan meneliti perbandingan antara dua variabel yaitu minat siswa program IPA dengan minat siswa program IPS. Dari hasil analisis minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih siswa program IPA dengan siswa program IPS secara kuantitatif berbeda berdasarkan hasil tes yang penulis peroleh dari hasil angket yang diberikan kepada semua siswa kelas XI di MAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala, nilai rata-rata (mean) siswa program IPA adalah 57,65 dengan kategori sangat berminat. Dan nilai rata-rata (mean) siswa program IPS adalah 55,64 dengan kategori sangat berminat. Dengan demikian minat belajar pada mata pelajaran fiqih siswa program IPA lebih baik daripada minat belajar siswa program IPS.Untuk mengetahui perbedaan itu signifikan atau tidak maka dilakukan uji hipotesis, hasil”t ” test ini adalah 2,12. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan hasil “t” = 2,12> 1,99 maka hasil Ha diterima yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa program IPA dengan siswa program IPS pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala, sebaliknya hipotesis nihil Ho ditolak yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa program IPA dengan siswa program IPSpada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Jadi dapat disimpulkan bahwa berminat tidaknya seorang siswa terhadap suatu pelajaran dapat dilihat dari program atau jurusan yang dijalaninya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:06
Last Modified: 12 Aug 2015 04:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item