EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pelaksanan Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala

Ida, Safitriani (2015) Pelaksanan Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (211kB) | Preview

ABSTRAK

Ida Safitriani. 2015. Pelaksanan Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan keguruan. Pembimbing: Drs. H. Aswan, M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa siswa yang kurang perhatian terhadap pelajaran Alquran Hadis baik dari segi kualitas bacaan maupun pemahaman tentang isi kandungan pelajaran. Kemudian disana ditemui guru yang mengajarkan mata pelajaran Alquran Hadis kurang efektif dalam proses Pelaksanaan Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito kuala. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Pelakasanaan Pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala . Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif sert pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan logika ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang memegang mata pelajaran Alquran Hadis Selaku informan utama, kepala sekolah dan staf tata usaha serta dokumen tetang penggalian data tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari segi aspek perencanaan guru mata pelajaran Alquran Hadis membuat program tahunan, program semester, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efesien karena semua sudah direncanakan sesuai dengan materi. Kemudian segi aspek pelaksanaan belum dapat maksimal terutama dari metode, strategi, media dan komunikasi. Karena hanya menggunakan metode ceramah, serta media yang menggunakan papan tulis , spidol dan buku pegangan guru. Sehingga mengakibatkan perhatian siswa yang kurang pada mata pelajaran Alquran Hadis, dan tingkat kejenuhan nampak dari cara mereka menyimak pelajaran. Faktor faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran Alquran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Desa Tabunganen Tengah Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala mencakup kurikulum, faktor siswa dan faktor guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:05
Last Modified: 12 Aug 2015 04:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item