EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Snowball Throwing Pada Materi Gejala Alam Di Indonesia dan Negara Tetangga Siswa Kelas VI MI Darul Aman Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015

Yani, Elly (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Snowball Throwing Pada Materi Gejala Alam Di Indonesia dan Negara Tetangga Siswa Kelas VI MI Darul Aman Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah Dan Kegururan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (675kB) | Preview

ABSTRAK

Elly Yani. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Snowball Throwing Pada Materi Gejala Alam Di Indonesia dan Negara Tetangga Siswa Kelas VI MI Darul Aman Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dra. Raihanatul Jannah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, strategi pembelajaran Snowball Throwing Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VI semester II pada MI Darul Aman Pandahan untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Snowball Throwing Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Darul Aman Pandahan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 28 orang, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II sebesar 82,76% menjadi 93,11%, peningkatan terjadi sebesar 10,35%. Jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan serta kurang menumbuhkan partisifasi aktif siswa, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 62,50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 77,5%, peningkatannya sebesar 15%, (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 6,41 meningkat menjadi 7,92 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata siswa pada kedua siklus adalah 1,51.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 12 Aug 2015 04:05
Last Modified: 12 Aug 2015 04:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item