EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Strategi Keunggulan Bersaing BRISyariah KCP Tanjung Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah

Kiftiah., Maryatul (2015) Strategi Keunggulan Bersaing BRISyariah KCP Tanjung Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi, Syariah dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (156kB) | Preview

ABSTRAK

Maryatul Kiftiah. 2015. Strategi Keunggulan Bersaing BRISyariah KCP Tanjung Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Drs. H. M. Amin Djamaluddin, MA (II) Hj. Rabiatul Adawiah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi dari perlunya strategi yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga, karena masyarakat Tanjung itu masih banyak yang belum mengetahui tentang perbankan syariah, sehingga banyak metode-metode yang dilakukan oleh setiap perusahaan dalam melakukan strategi, salah satunya dengan menggunakan promosi setidaknya dapat memberikan penjelasan atau pengetahuan kepada masyarakat mengenai perbankan syariah. Dengan demikian tidak dapat dipungkiri lagi bahwa promosi adalah salah senjata ampuh bagi perusahaan dalam mengembangkan dan mempertahankan usaha. Penelitian ini didasarkan oleh dua permasalahan yaitu, bagaimana strategi atau upaya BRISyariah KCP Tanjung dalam meningkatkan jumlah nasabah dan Apa saja faktor-faktor yang menjadi kendala dalam menerapkan strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah. Skripsi ini disusun berdasarkan suatu penelitian lapangan (field research), Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara. Penelitian dilakukan di BRISyariah KCP Tanjung. Subjek penelitian adalah pimpinan BRISyariah KCP Tanjung, karyawan BRISyariah KCP Tanjung. Sedangkan analisisnya dengan teknik analisis deskriptif dengan mengacu pada landasan teori yang ada. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, Pertama: strategi yang digunakan oleh BRISyariah KCP Tanjung menggunakan strategi 4 P yaitu Strategi Product, Price, Place and Promotion. Dari ke empat strategi tersebut strategi yang paling bagus digunakan untuk menarik minat nasabah adalah strategi promotion, yang terdiri dari serbu pasar, membagikan brosur, menyediakan jasa untuk menjemput nasabah yang ingin menabung (jemput bola), melakukan promosi produk dengan terjun langsung ke pelosok desa dengan cara Personal Selling yaitu secara langsung face to face kepada nasabah. Kedua: faktor-faktor yang menjadi kendala BRISyariah KCP Tanjung itu ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari kurangnya fasilitas ATM BRISyariah karena hanya ada di kantor cabang, dan masih rendahnya daya saing dengan produk lain karena Bank BRISyariah ini terbilang masih baru berdiri, sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya minat nasabah terhadap bank syariah karena masih banyak yang belum mengetahui tentang perbankan syariah. Dari hasil penelitian ini mengenai strategi yang telah digunakan oleh BRISyariah KCP Tanjung dalam meningkatkan jumlah nasabah sudah baik, karena nasabah bisa merasakan kenyamanan dalam menggunakan produk bank BRISyariah KCP Tanjung.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 11 Aug 2015 04:15
Last Modified: 11 Aug 2015 04:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item