EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Kemampuan Siswa Dalam Penerapan Hukum Tajwid Ketika Membaca Al-Qur’an Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Norzakiah, Norzakiah (2015) Kemampuan Siswa Dalam Penerapan Hukum Tajwid Ketika Membaca Al-Qur’an Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (214kB) | Preview

ABSTRAK

Norzakiah. 2014. Kemampuan Siswa Dalam Penerapan Hukum Tajwid Ketika Membaca Al-Qur’an Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Syaiful Bahri Djamarah, M. Ag. Kata Kunci: Kemampuan, Penerapan, Tajwid Penelitian ini berlatar belakang masalah bahwa Al-Qur’an wajib dibaca menurut tata cara yang benar yaitu berdasarkan kaidah Ilmu Tajwid dan dari pengamatan penulis,siswa kelas IV B kebanyakan masih keliru dalam menerapkan bacaan Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, dan Iqlab dengan benar ketika membaca Al-Qur’an serta informasi yang diperoleh dari guru yang mengajar Tajwid, kebanyakan siswa masih belum dapat dikatakan mampu dalam menerapkan Tajwid secara benar ketika membaca Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggarisbawahi dan mempraktikkan bacaan yang mengandung hukum Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, dan Iqlab ketika membaca Al-qur’an dengan bersuara pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Lulut kecamatan Sungai Tabuk kabupaten Banjar. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapanganyang menggunakan pendekatan dan desain penelitian kuantitatif dengan analisis statistik. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV B yang berjumlah 31 orang dan objek penelitian adalah kemampuan siswa dalam penerapan hukum Tajwid ketika membaca Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan, wawancara, observasi, dan dokumenter yang kemudian diolah dengan kegiatan editing, klasifikasi, skoring, tabulating serta interpretasi data dan dianalisis secara statistik. Dari hasil penelitian, ternyata hipotesis pertama Ha tertolak, dan hipotesis kedua Ho diterima sebagaimana hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas IV B dalam menggarisbawahi bacaan yang mengandung hukum Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, dan Iqlab berada pada kategori mampu dan sangat mampu dengan nilai rata-rata keseluruhan 76,77, 81,93, dan 96,12, Sedangkan dalam kemampuan mempraktikkan bacaan yang mengandung hukum Idgam Bigunnah, Idgam Bilagunnah, dan Iqlab berada pada kategori kurang mampu dan cukup mampu dengan nilai rata-rata keseluruhan 35,48, 38,70, dan 52,90.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:10
Last Modified: 11 Aug 2015 02:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item