EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Pecahan Kelas VII SMP/MTs

Muhammad, Ali Hasmi (2015) Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Pecahan Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (289kB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Ali Hasmi. 2014. Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan Menggunakan Macromedia Flash 8 pada Materi Pecahan Kelas VII SMP/MTs. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom., Ph.D. Seorang guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien yang meskipun sederhana dan bersahaja tetapi merupakan keharusan dalam upaya mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan. Bagian dari media yang dapat digunakan adalah multimedia pembelajaran interaktif, dan salah satu software yang dapat menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif adalah Macromedia Flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi pecahan kelas VII SMP/MTs. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah multimedia pembelajaran interaktif dengan mendeskripsikan langkah-langkah pembuatannya. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan jenis penelitian laboratorium (laboratory research). Penelitian laboratorium digunakan untuk membuat desain media agar materi pecahan dapat ditampilkan lebih jelas dan mudah diterima oleh siswa dan pembuatan desain tersebut dilakukan dengan komputer sebagai laboratorium pembuat multimedia. Pada tahap ini peneliti menggunakan metode Luther Sutopo dengan 6 langkah penelitian, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing,dan distribution. Hasil penelitian pada tahap concept yaitu penelitian ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan siswa. Pada tahap design dilakukan pembuatan storyboard, flowchart, dan perancangan layout media. Pada tahap material collecting dilakukan untuk pengumpulan bahan seperti animasi, musik, dan gambar yang akan ditampilkan dalam MPI. Pada tahap assembly adalah tahapan mengintegrasian seluruh bahan yang telah disiapkan ke dalam Macromedia Flash 8. Pada hasil testing menyatakan bahwa semua tombol dapat berfungsi sesuai dengan aturan yang telah dirancang dan media pembelajaran ini siap digunakan oleh guru maupun siswa serta pada tahap terakhir adalah tahap pendistribusian MPI ke dalam CD pembelajaran. Multimedia ini selain dapat mempermudah guru dalam mengajar, juga dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pecahan. Sehingga perlu dilakukan kajian lanjut pada multimedia ini, agar multimedia ini lebih mempunyai daya guna dimasa yang akan datang. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Macromedia Flash 8, Pecahan

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:10
Last Modified: 11 Aug 2015 02:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1310

Actions (login required)

View Item View Item