EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Strategi Card Sort siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin

Lamsiah, Lamsiah (2015) Meningkatkan Hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Strategi Card Sort siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I-III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (331kB) | Preview

ABSTRAK

Lamsiah, 2014. Meningkatkan Hasil belajar Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gerak Benda Melalui Strategi Card Sort siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Romdiyah, M. Pd Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Gerak Benda, Strategi Card Sort Penelitian ini didasarkan kepada rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi gerak benda yang menyebabkan rendahnya nilai hasil belajar siswa hanya mencapai rata-rata kelas 60. Untuk itu dilakukan kegiatan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui proses pembelajaran secara empirik dan visual. Standar Kompetensi (SK) yang ingin dicapai adalah siswa mampu memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi dan Kompetensi Dasar (KD) adalah siswa mampu menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukurannya. Sebagai subjek penelitian adalah peneliti sendiri selaku guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah sebanyak 25 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Penelitian berbentuk tindakan kelas ini dilaksanakan melalui penerapan strategi card sort, berlangsung dalam 3 siklus dengan masing-masing satu kali pertemuan atau proses pembelajaran selama 3 (2 x 35 menit). Sumber data diperoleh melalui guru, siswa dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumenter yang kemudian dianalisis secara deskriftif kualitatif. Setelah dilaksanakan tindakan kelas, penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I dengan rata-rata 59,60; klasifikasi rendah, meningkat pada siklus II dengan rata-rata 70; klasifikasi sedang. Kinerja belajar siswa dimaksud kembali meningkat secara optimal di siklus III mencapai rata-rata 83,20; klasifikasi berhasil. Atas dasar ini secara keseluruhan dari ketiga siklus tindakan kelas tersebut, prosentasi rata-rata hasil belajar siswa dalam ketiga siklus sebesar 70,93; klasifikasi sedang. Meningkatnya hasil belajar di atas sejalan dengan adanya peningkatan pada aspek; a) aktivitas guru dalam pembelajaran. Pada siklus I rata-rata 76; klasifikasi baik, siklus II 85; klasifikasi baik dan siklus III mencapai 95; kasifikasi sangat baik, b) Aktivitas belajar siswa. Pada siklus I dengan rata-rata 60,08; klasifikasi sedang, siklus II mencapai rata-rata 74,08; klasifikasi sedang dan siklus III meningkat sebesar 86,40; klasifikasi sangat aktif, dan c) Kemampuan memahami materi pembelajaran. Pada siklus I mencapai rata-rata 65; klasifikasi sedang, siklus II 76,66; klasifikasi sedang dan kembali meningkat di siklus III mencapai 96,67; klasifikasi sangat tinggi

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:10
Last Modified: 11 Aug 2015 02:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item