EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sumber Daya Alam dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV MIN Pelaihari Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Tanah Laut

Khairil, Rosipani (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sumber Daya Alam dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV MIN Pelaihari Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Khairil Rosipani. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sumber Daya Alam dengan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV MIN Pelaihari Tahun Pelajaran 2014/2015 Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Khairunnisa, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Sumber Daya Alam, Numbered Head Together (NHT). Hasil Belajar siswa kelas IV MIN Pelaihari tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran IPA dengan materi sumber daya alam selama ini belum memuaskan. Nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran IPA hanya 60, sedangkan KKM untuk mata pelajaran IPA adalah 70. Hal ini disebabkan oleh masih mendominasinya metode ceramah pada pembelajaran IPA di kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran serta dapat menjadi bahan masukan bagi guru, mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam belajar IPA khususnya materi sumber daya alam dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Pelaihari pada mata pelajaran IPA maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK, dengan rancangan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setting penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di MIN Pelaihari yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian secara bertahap aktivitas guru pada siklus I mendapat 79,69% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II meningkat menjadi 96,88% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat 75,00% dengan kualifikasi aktif dan meningkat pada siklus II menjadi 96,88% dengan kualifikasi sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siklus I ketuntasan klasikal 61,76% masih di bawah indikator keberhasilan, pada siklus II menunjukkan dengan ketuntasan klasikal 91,18% di atas ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu ketuntasan klasikal >80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sumber daya alam, maka hipotesis dapat diterima. NHT dapat dijadikan salah satu pilihan alternatif model dalam pembelajaran IPA, selain itu hendaknya kepala sekolah perlu memberikan pembinaan kepada guru agar pelaksanaan pembelajaran dengan model NHT dapat lebih optimal dilakukan di kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:10
Last Modified: 11 Aug 2015 02:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item