EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Teknik Reward and Punishment Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Wahidah Padangin Tabalong

Mariana, Mariana (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Teknik Reward and Punishment Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Wahidah Padangin Tabalong. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (707kB) | Preview

ABSTRAK

Mariana, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Teknik Reward and Punishment Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Wahidah Padangin Tabalong. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing Drs. H. Haderani, M.Pd.I. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Pemberian Tugas teknik Reward and Punishment. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II pada MI Nurul Wahidah Padangin untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran pemberian tugas dan teknik reward and punisment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Wahidah Padangin pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 10 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 yakni ada 30% siswa yang kurang aktif pada aspek inisiatif, ada 40% siswa yang kurang aktif pada aspek ketelitian dan 10% siswa kurang aktif pada aspek perhatian, maka pada akhir siklus 2 semua aspek baik inisiatif, ketelitian, dan perhatian semua aktivitas siswa sudah menjadi aktif, bahkan 70% yang sudah sangat aktif; (2) hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan dari 68% pada akhir siklus 1 dengan rata-rata nilai/skor kuis 68 menjadi 79,50% pada akhir siklus 2 dengan rata-rata nilai/skor kuis 79,50; (3) hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori sangat baik (akhir siklus 1) menjadi kategori sempurna (akhir siklus 2).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:09
Last Modified: 11 Aug 2015 02:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item