EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin

Mursyidi, Mursyidi (2015) Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (218kB) | Preview

ABSTRAK

Mursyidi. 2015. Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Raihanah, S.Pd.I. M.Ag. Media Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan di kelas. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyampaikan informasi dari pengirim pesan kepada penerima pesan, dengan harapan proses komunikasi pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima secara utuh oleh siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan mempermudah siswa dalam menerima dan memahami pelajaran, sehingga hal ini diprediksikan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektifitas penggunaan media audio visual terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi efektifitas penggunaan media audiao visual pada mata pelajaran fiqih di MA Negeri 2 Model Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang berusaha membuat deskripsi atau gambaran dari fenomena yang diselidiki dengan cara membuat kesimpulan berdasarkan data-data yang diperoleh selama penelitian. Sedangkan teknik penelitian yang penulis gunakan yaitu : observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya penulis menggunakan teknik pengolahan data dengan teknik editing, klasifikasi data, dan interpretasi data. Kemudian di analisis dan di tarik kesimpulan secara deskriptif dan dalam penarikan kesimpulan menggunakan metode induktif. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yang penulis lakukan adalah peran guru dalam penggunaan media audio visual mempunyai tingkat efektifitas yang signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil jawaban siswa kelas XI MA Negeri 2 Model Banjarmasin menunjukkan bahwa siswa menyukai dan termotivasi ketika proses pembelajaran menggunakan audio visual berbentuk VCD dengan menggunakan tampilan LCD, karena menurut hasil wawancara siswa menyebutkan bahwa media audio visual dapat mempermudah mereka dalam memahami pelajaran. Hal ini juga di tunjang oleh faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu: latar belakang pendidikan guru yang sesuai dan pernah mengikuti beberapa kali pelatihan, keterampilan yang baik yang dimiliki oleh guru, kesiapan materi yang akan diajarkan, ketersediaan media audio visual yang ada di sekolah sehingga mendukung pembelajaran di kelas, dan alokasi waktu yang mencukupi dengan menggunakan media audio visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:09
Last Modified: 11 Aug 2015 02:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item