EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gerak Benda Melalui Strategi Inkuiri Siswa Kelas III MIN Telaga Jingah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014

Misrani, Misrani (2015) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gerak Benda Melalui Strategi Inkuiri Siswa Kelas III MIN Telaga Jingah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (232kB) | Preview

ABSTRAK

Misrani. 2014. Upaya Meningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Gerak Benda Melalui Strategi Inkuiri Siswa Kelas III MIN Telaga Jingah Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. H. Imran Sarman, M.Ag Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Inkuiri Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar siswa kelas III semester II pada MIN Telaga Jingah untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus 2 teidiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Telaga Jingah pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 17 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus 2 sebesar 40,7% menjadi 88,8%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen guru yang harus ditingkatkan yaitu memeriksa kesiapan siswa, appersepsi, motivasi, menguasai kelas, melaksakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang ingin dicapai, melaksakan pembelajaran secara runtun, mengaitkan materi dengan pengetahuan yang lain relevan, mengaitkan materi dengan realitas kehidupan, menggunakan media, menggunakan metode/strategi pembelajaran, menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, menunjukkan respon terbuka terhadap respon siswa, menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar, membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, melakukan penilaian (tes) akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan), memberikan penghargaan, maka pada siklus II 16 komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan oleh guru, (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara individual juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 69,4% (akhir siklus 1) menjadi 91,6% di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan 70,00. (3) Hasil belajar siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu 65,8% (akhir siklus 1) menjadi 90,5% (akhir siklus2) dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:09
Last Modified: 11 Aug 2015 02:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item