EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Aritmatika Sosial dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII A MTs. Ubudiyah Bati-Bati, Penelitian Tindakan Kelas

Mahrita, Mahrita (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Aritmatika Sosial dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII A MTs. Ubudiyah Bati-Bati, Penelitian Tindakan Kelas. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Mahrita, 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Aritmatika Sosial dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII A MTs. Ubudiyah Bati-Bati, Penelitian Tindakan Kelas, Jurusan PMTK, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Murdan, M. Ag. (II) M. Sabirin, M. Si.. Metode Pemecahan Masalah merupakan salah satu Metode pembelajaran yang mampu membuat siswa membangun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan yang tinggi dan penyelidikan, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar aritmatika social siswa kelas VII A MTs. Ubudiyah Bati-Bati dengan menggunakan metode Pemecahan Masalah (Problem Solving). Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian siklus pertama menunjukkan ada 72,22% siswa termasuk dalam kategori siswa aktif, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan masalah (Problem Solving) termasuk dalam kategori sangat baik, dan dari 31 orang siswa, ada 18 orang siswa (58,06%) mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan temuan ini dilakukan kegiatan pembelajaran siklus kedua. Hasil penelitian siklus kedua menunjukkan bahwa seluruh siswa telah dikategorikan sebagai siswa yang aktif dalam pembelajaran, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pemecahan Masalah termasuk dalam kategori sangat baik, dan ada 31 orang siswa (93,55%) mencapai ketuntasan belajar. Temuan ini, menunjukkan bahwa kriteria pencapaian penelitian telah tercapai, sehingga peneliti memutuskan bahwa metode pemecahan Masalah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa sehingga siklus selanjutnya tidak diperlukan lagi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:09
Last Modified: 11 Aug 2015 02:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item