EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Melalui Metode Skrip Kooperatif Siswa Kelas III SDN Sungai Kupang 2 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan

ASMAH, ASMAH (2015) Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Melalui Metode Skrip Kooperatif Siswa Kelas III SDN Sungai Kupang 2 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ASMAH, A.Ma.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ASMAH, A.Ma.pdf

Download (193kB) | Preview

ABSTRAK

ASMAH, A.Ma. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menghafal Bacaan Shalat Melalui Metode Skrip Kooperatif Siswa Kelas III SDN Sungai Kupang 2 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Kata Kunci : Meningkatkan Kemampuan, Menghafal Bacaan Shalat, Metode Skrip Kooperatif Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menghafal bacaan shalat siswa SDN Sungai Kupang 2 Kecamatan Kandangan Kelas III. Penelitian dilakukan pada kegiatan belajar mengajar di semester I tahun ajaran 2013/2014 pada mata pelajaran PAI dalam materi Bacaan Shalat. Standar kompetensi yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran adalah siswa mampu menghafal Bacaan Shalat. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sungai Kupang 2 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 10 siswa . Tindakan kelas dilaksanakan melalui penerapan metode skrip kooperatif yang didasarkan kepada tahapan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi (evaluation). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam 2 siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan. Sumber data diperoleh melalui guru, siswa dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumenter yang kemudian dianalisis secara deskriftif kualitatif. Melalui latihan menghafal berulang-ulang baik secara individu dan kelompok secara bertahap berfungsi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal. Pada siklus I, pertemuan pertama kemampuan menghafal mencapai rata-rata 64. Kemampuan menghafal meningkat dipertemuan kedua dengan rata-rata 70; klasifikasi mampu. Siswa mampu menghafal dengan tepat dan lancar. Pada siklus II, pada pertemuan pertama mencapai rata-rata 84; klasifikasi sangat mampu. Siswa mampu menghafal. Pada siklus II pertemuan kedua, kemampuan mengenali dan memperbaiki kesalahan dalam menghafal mencapai rata-rata 100; klasifikasi sangat mampu. Dari 10 siswa, semua siswa dalam klasifikasi sangat mampu. Mereka dapat menghafalkan bacaan shalat secara mandiri dengan hafalan yang tepat, lancar dan intonasi yang teratur.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1291

Actions (login required)

View Item View Item