EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Sumber-Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Gazali, Rahman (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Sumber-Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (350kB) | Preview

ABSTRAK

Gazali Rahman. 2014, Meningkatkan Hasil Belajar Sumber-Sumber Energi Pada Pembelajaran IPA Melalui Strategi Card Sort Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan, Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Inna Muthmainnah, MA. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Aktif Tipe Card sort. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB semester II pada MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, untuk Pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe card sort. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu pada tiap-tiap siklus 2x35 menit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IIB MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang dengan 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran card sort dalam mata pelajaran IPA materi sumber energi pada siswa kelas IIB MIN Pembantanan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar berjalan dengan baik dan maksimal. Kualitas pembelajaran semakin meningkat dilihat dari kegiatan guru dalam pembelajaran meningkat dengan persentase 75% hingga mencapai 95,8%. Secara keseluruhan rata-rata persentase proses pembelajaran guru termasuk dalam kategori baik sekali; (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari persentasi 68% hingga mencapai 92%; (3) Hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya strategi pembelajaran card sort pada materi sumber energi dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 67,7 dan pertemuan kedua 90, kemudian pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 78,8 dan pada pertemuan kedua 90,5 atau 91. Dengan demikian dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi ketuntasan dalam belajar yang target nilai ketuntasan belajarnya 60,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item