EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

“Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Dua Angka Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas II MI Darul Islamiyah Banjarbaru”.

Ianah, Ianah (2015) “Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Dua Angka Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas II MI Darul Islamiyah Banjarbaru”. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

ABSTRAK

Ianah. 2014. “Meningkatkan Hasil Belajar Pembagian Bilangan Dua Angka Melalui Pendekatan Matematika Realistik di Kelas II MI Darul Islamiyah Banjarbaru”. Skripsi Program S 1 ke Dua Melalui Dual Mode System Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Banjarmasin. Pembimbing Dra.Hj. Nurjannah Rianie, M. Ag Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Realistik, Pembagian Bilangan Dua Angka. Permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya pada materi Pembagian, disebabkan oleh sikap siswa yang kurang aktif, kurang perhatian, kurang membaca buku pelajaran, kadang-kadang ada yang bermain sendiri, dan asik berbicara dengan temannya, ini merupakan masalah yang dihadapi MI Darul Islamiyah Banjarbaru. Guru belum menggunakan metode dan media mengajar yang inovatif. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah yang diperoleh kurang dari nilai KKM 60 yaitu 4,10 sehingga akan diperbaiki dengan menggunakan Pendekatan realistik. Pendekatan Matematika Realistik dikatakan efektif dikarenakan setiap siswa dapat mengimplikasikan masalah yang ada didalam kehidupan sehari-hari dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas II MI Darul Islamiyah yang berjumlah 28 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa butir tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data pada instrumen tersebut di distribusikan melalui tabel, kemudian di frekuensikan dan di presentasikan serta di interpretasikan. Hasil penelitian melalui model pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian. Ini terlihat dari hasil penelitian yang menunjukkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 58,82% (cukup baik), siklus I pertemuan 2 adalah 74,11% (baik), siklus II pertemuan 3 adalah 87,05% (sangat baik), dan siklus II pertemuan 4 adalah 94,11% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 47,5%, siklus I pertemuan 2 adalah 58,21%, siklus II pertemuan 3 adalah 71,42% siklus II pertemuan 4 adalah 87,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada guru agar dijadikan alternative dalam pemilihan metode pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1284

Actions (login required)

View Item View Item