EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kondoktor dan Isolator Listrik Melalui Pendekatan Strategi Card Sort siswa kelas VI MIN Thaibah Raya Kecamatan Tatah Makmur Kabuapaten Banjar. PTK

SIRAJUDDIN, SIRAJUDDIN (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kondoktor dan Isolator Listrik Melalui Pendekatan Strategi Card Sort siswa kelas VI MIN Thaibah Raya Kecamatan Tatah Makmur Kabuapaten Banjar. PTK. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (963kB) | Preview

ABSTRAK

SIRAJUDDIN, 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Kondoktor dan Isolator Listrik Melalui Pendekatan Strategi Card Sort siswa kelas VI MIN Thaibah Raya Kecamatan Tatah Makmur Kabuapaten Banjar. PTK, Jurusan Guru Kelas, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Dr.Ahmad Salabi, S.Ag, M.Pd Kata Kunci : Meningkatkan, Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Strategi card sort Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang masih kesulitan dalam memahami istilah Kondoktor dan Isolator Listrik, kurangnya konsentarsi siswa dalam proses pembelajaran, dan masih rendahnya nilai rata-rata siswa dalam mengusai materi Kondoktor dan Isolator Listrik. Adapun penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas VI MIN Thaibah Raya yang berjumlah 20 orang terbagi pada 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus. Temuan penelitian yakni pertama, penerapan pendekatan strategi card sort dimana siswa mencari perbedaan antara Kondoktor dan Isolator Listrik, yang kemudian mengisi LKS dan mempersentasikan temuannya ke depan kelas. Kedua, pendekatan strategi card sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Kondoktor dan Isolator Listrik, hal ini dapat dilihat pada: a. Siklus I rata-rata 6,4 pada pertemuan pertama dan rata-rata 6,8 pada pertemuan kedua, kemudian dilanjutkan ke siklus II rata-rata 8,3 pada pertemuan pertama dan 9,4 pada pertemuan kedua. Sehingga rata–rata semua pertemuan adalah 7,70, dengan demikian rata-rata hasil belajar persiklus terlihat kecenderungan meningkat, dimana pada siklus I ke siklus II peningkatan sebesar 4,4. b. Berdasarkan pada hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan belajar dan aktivitas siwa pada siklus I sudah mendapatkan hasil yang baik, maka siklus I adalah 91,11 pada pertemuan pertama dan 95,56 pada pertemuan kedua. Pada siklus II pertemuan pertama sebesar 97,78 dan pada pertemuan kedua mancapai 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item