EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Melalui Strategi Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Banua Rantau Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Siti, Aminah (2015) Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Melalui Strategi Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Banua Rantau Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (696kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Aminah. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Materi Kegiatan Ekonomi Dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Melalui Strategi Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Banua Rantau Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Hilmi Mizani, M.Ag. Kata kunci: Prestasi belajar, strategi pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan dengan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa melalui strategi pembelajaran interaktif pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Banua Rantau Kabupaten Hulu Sungai Tengah Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan cara mengikuti skenario tindakan. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan pula sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 10 orang siswa kelas IV MIS Banua Rantau Kecamatan Batang Alai Selatan Kebupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 5 orang laki – laki dan 5 orang perempuan dan objek penelitian ini adalah usaha meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahaun Sosial pada materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui strategi pembelajaran interaktif. Adapun peningkatan prestasi belajar IPS berupa (1) Hasil observasi guru yang semula pada siklus I pertemuan pertama skor 27 dengan persentasi 61,36 mendapat nilai C dan pertemuan kedua skor 31 dengan presentasi 70,45 mendapat nilai B. Sedangkan siklus II pertemuan pertama skor 36 dengan persentasi 81,81 nilai A dan pertemuan kedua skor 39 dengan persentasi 88,63 mendapat nilai A. (2) Aktivitas siswa dengan menggunakan pembelajaran interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MIS Banua Rantau materi tentang kenampakan alam, tampak terlihat pada peran serta aktif siswa pada tahapan-tahapan siklus pembelajaran dengan hasil observasi siklus I pertemuan pertama 57,6% dan pertemuan kedua 66,5% dan pada siklus II dipertemuan pertama 75,6% dan pertemuan kedua 82,2%. (3) Pada hasil evaluasi siklus I pertemuan pertama dengan peresentasi 50% nilai rata – rata 68,6 dan pada pertemuan kedua dengan persentasi 60% rata – rata 72,5. Pada siklus II pertemuan pertama dengan peresentasi 80% nilai rata – rata 75,6 dan pada pertemuan kedua dengan persentasi 100% rata – rata 80,6. Pada siklus II ini mengalami peningkatan keberhasilan dari target indikator keberhasilan. Peningkatan ini terlihat pada perubahan sikap siswa dalam pembelajaran antara lain: kreatifitas, kritis, keaktifan, dan kerja sama semakin meningkat. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui strategi Pembelajaran interaktif sangat bermanfaat baik bagi guru maupun bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item