EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas III MIN Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Noorjannah, Noorjannah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas III MIN Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Noorjannah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas III MIN Rantau Keminting Kecamatan Pandawan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: Drs. H. Suriagiri, M. Pd. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa kelas IIIdi MIN Rantau Keminting dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Bilangan Pecahan melalui Model pembelajaran make a macth. Pelaksanaan Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan cara mengikuti skenario tindakan. Siklus pertama dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan pula sebanyak dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 orang siswa kelas IIIMIN Rantau Keminting yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 9 orang perempuan dan objek penelitian ini adalah Hasil belajar Matematika pada materi Bilangan Pecahan melalui Model pembelajaran make a macth. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes, observasi, wawancara dan diskusi antara guru dengan teman sejawat sedangkan alat pengumpulan data yakni tes, observasi, wawancara, dan diskusi. Adapun peningkatan hasil belajar Matematika bagi siswa kelas IIIMIN Rantau Kemintingpada hasil evaluasi siklus I pertemuan pertama dengan peresentasi 44.4 % nilai rata-rata 61,48 dan pada pertemuan kedua dengan persentasi 51.85 % rata-rata 67.40. Ini mengalami peningkatan keberhasilan namun belum mencapai dari target indikator keberhasilan. Pada siklus II pertemuan pertama dengan peresentasi 66.7 % nilai rata-rata 75,55 dan pada pertemuan kedua dengan persentasi 92.6 % rata-rata 84,44. Pada siklus II ini mengalami peningkatan keberhasilan dari target indikator keberhasilan. Peningkatan ini terlihat pada perubahan sikap siswa dalam pembelajaran antara lain: kreatifitas, kritis, keaktifan, dan kerja sama semakin meningkat. Peningkatan ini pula tidak lepas dari adanya penggunaan media/alat peraga yakni kartu-kartu yang berisikan soal dan kartu yang berisikan jawaban dapat membantu mengaktifkan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:08
Last Modified: 11 Aug 2015 02:08
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item