EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Antarnegara Melalui Strategi Cart Sord Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Mariana, G (2015) Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Antarnegara Melalui Strategi Cart Sord Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (980kB) | Preview

ABSTRAK

Mariana. G. 2015. Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi Antarnegara Melalui Strategi Cart Sord Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd. Kata Kunci: Prestasi belajar, Strategi Cart Sord. Penelitian ini dilatar belakangi adanya guru yang bersikap memonopoli peran sebagai sumber informasi, sedangkan sebagian siswa menganggap mata pelajaran IPS tidak menyenangkan, siswa bosan bahkan mengantuk, kurangnya konsentrasi dalam belajar, siswa tidak banyak yang mau bertanya, kurangnya minat dalam mengingat istilah-istilah ekonomi, malas mencatat, dan malas mengerjakan tugas. Hal-hal tersebut mengakibatkan nilai siswa masih banyak di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran, mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS khususnya materi kegiatan ekonomi antarnegara dan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Banjarmasin pada mata pelajaran IPS maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi cart sord (sortir kartu). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Banjarmasin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu dan melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentasi dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus II sebesar 77,5% dengan kualifikasi baik menjadi 85% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 74,2% (akhir siklus I) dengan kualifikasi aktif, menjadi 92,4% (akhir siklus II) dengan kualifikasi sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar ketuntasan klasikal sebesar 60% (akhir siklus I) masih dibawah indikator keberhasilan, meningkat menjadi 80% (akhir siklus II) yaitu di atas ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu ketuntasan klasikal > 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi antarnegara, maka hipotesis dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:07
Last Modified: 11 Aug 2015 02:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item