EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Melalui Strategi Pembelajaran Examples Non Examples di Kelas V MI Darussalam Bati-bati Tahun Pelajaran 2014/2015.

Mutiah, Amir Mahmud (2015) Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Melalui Strategi Pembelajaran Examples Non Examples di Kelas V MI Darussalam Bati-bati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (801kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Mutiah. 2015. Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Ibadah Haji Melalui Strategi Pembelajaran Examples Non Examples di Kelas V MI Darussalam Bati-bati Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Imran Sarman, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Examples non examples. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajarn examples non examples. Dan apakah dengan strategi ini pada materi ibadah haji dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa kelas V MI Darussalam dalam pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar untuk mata pelajaran Fiqih materi Ibadah Haji dengan menggunakan strategi pembelajaran examples non examples. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darussalam pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 26 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) aktivitas guru mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus II sebesar 79.59% menjadi 94.4%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen yang harus ditingkatkan yaitu menarik kesimpulan hasil diskusi bersama siswa, mengaitkan materi, menggunakan bahasa lisn yang jelas dan membuat rangkuman melibatkan siswa, maka pada siklus II keempat komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan walaupun alokasi waktu tidak memungkinkan; (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus II sebesar 78.15% menjadi 96.36%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen yang harus ditingkatkan yaitu menjawab pertanyaan guru, mengajukan pertanyaan dan menyimpulkan materi, maka pada siklus II ketiga komponen tersebut sudah baik walaupun masih ada diantara siswa yang kurang mampu menjawab pertanyaan; (3) hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 6.54% (siklus I) dengan rata-rata nilai 64.03, kemudian mengalami peningkatan sebesar 8.46% (siklus II) dengan rata-rata nilai 74.23.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 11 Aug 2015 02:07
Last Modified: 11 Aug 2015 02:07
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1270

Actions (login required)

View Item View Item