EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF SDN BENUA ANYAR 4 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Astuti, Widya (2015) PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PENDIDIKAN INKLUSIF SDN BENUA ANYAR 4 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (222kB) | Preview

ABSTRAK

Widya Astuti, 2015.Pembelajaran Matematika Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusif SDN Benua Anyar 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran serta aktivitas Guru Kelas, Guru Pendamping Khusus danAnak Berkebutuhan Khusus dalam Pembelajaran Matematika di SDN Benua Anyar 4 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitianlapangan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dengan lokasi di SDN Benua Anyar 4 Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan.Subjek penelitian adalah guru kelas (pengajar), guru pendamping, 1 siswa tunagrahita dan 1 siswa autis. Objek penelitian adalah proses pembelajaran matematika, yang meliputi; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun teknik pengolahan data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi. Dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan dalam pengambilan kesimpulan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada aspek perencanaan sudah terlaksana dengan baik, namun pada aspek pelaksanaan dan evaluasi masih terdapat kekurangan. Aktivitas guru kelas/pengajar dalam pembelajaran matematikacukup baik, semua itu dilihat dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Guru pendamping dalam pembelajaran matematika sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan bimbingan yang dilakukan kepada siswa-siswa berkebutuhan khusus. Kegiatan pembelajaran matematika pada siswa tunagrahita sudah baik, sedangkan pada anak autis sangat kurang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:33
Last Modified: 10 Aug 2015 04:33
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item