EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASILBELAJARSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA MATERI MENENTUKAN NILAI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPS MA AL-ISTIQAMAH SUNGAI TABUK

Munawarah, Hamidatul (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASILBELAJARSISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS(STAD) PADA MATERI MENENTUKAN NILAI LIMIT FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPS MA AL-ISTIQAMAH SUNGAI TABUK. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (830kB) | Preview

ABSTRAK

Hamidatul Munawarah. 2015. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Pada Materi Menentukan Nilai Limit Fungsi AljabarDi Kelas XI IPS MA Al-Istiqamah Sungai Tabuk.Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, PembelajaranKooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPS semester II pada MA Al-Istiqamahuntuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Al-Istiqamahpada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 11 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 70,71% menjadi 90,99%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu aktivitas, kerjasama/toleransi dan partisipasi bagi siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dengan yang mempunyai kemampuan rendah, maka pada siklus II kedua komponen tersebut (aktivitas, kerjasama/toleransi dan partisipasi) sudah bagus dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 70,17% (akhir siklus 1)dengan rata-rata nilai/skor kuis 77,19, menjadi 76,06% (akhir siklus 2) dengan rata-rata nilai/skor kuis 83,67 diatas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran matematika yang telah ditetapkan yaitu 75; (3) hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori tim baik (akhir siklus 1) menjadi kategori tim sangat baik (akhir siklus 2).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:33
Last Modified: 10 Aug 2015 04:33
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item