EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN Maliku Baru Kabupaten Pulang Pisau Propinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015

Febrianti, Wiwin (2015) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN Maliku Baru Kabupaten Pulang Pisau Propinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Wiwin Febrianti. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung di Kelas IX MTsN Maliku Baru Kabupaten Pulang Pisau Propinsi Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Seri Ningsih, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun ruang sisi lengkung di kelas pembanding yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa di kelas pembanding dan di kelas eksperimen serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan dua model tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah kelas IX MTsN Maliku Baru yang berjumlah 86 siswa yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas IX A, IX B dan IX C. Sampel penelitian adalah kelas IX B yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas pembanding. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemampuan awal siswa diperoleh dari hasil ulangan bab sebelumnya dan data pokok diperoleh dari tes akhir dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di kelas pembanding berada dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 70,35 dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen berada dalam kualifikasi baik dengan rata-rata 73,89, tidak ada perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa antara kelas pembanding dan kelas eksperimen, sedangkan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berada dalam kualifikasi sangat baik dengan rata-rata 73,11 dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe problem posing berada dalam kualifikasi sangat baik dengan rata-rata 74.43. Kata Kunci: Perbandingan, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Problem Posing

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 10 Aug 2015 02:23
Last Modified: 10 Aug 2015 02:23
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item