EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I MI Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Saberan, Saberan (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I MI Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (236kB) | Preview

ABSTRAK

Saberan. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I MI Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. H. Suriagiri, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demontrasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa dengan menggunakan metode Card Sort pada siswa kelas I MI Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta mengetahui pemahaman siswa terhadap isi bacaan dengan menggunakan metode Card Sort pada siswa kelas I MI Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus 2 teidiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Batu Tangga pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 16 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui metode cart sort dapat meningkatkan hasil belajar siswa Bahasa Indonesia dalam membaca cepat pada siswa kelas I MI Batu Tangga Kabupaten Hulu Sungai Tengah, hal ini dapat dilihat bisa dilihat dari hasil analisis siklus pembelajaran yang diterapkaan yang memeperoleh nilai sesuai dengan KKM yang ditetapkan, serta dengan menggunakan metode card sort pemahaman siswa terhadap isi bacaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I MI Batu Tangga Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat meningkat. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus 2 sebesar 44,4% menjadi 77,8%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen guru yang harus ditingkatkan yaitu memeriksa kesiapan siswa, appersepsi, motivasi, menguasai kelas, melaksakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang ingin dicapai, melaksakan pembelajaran secara runtun, mengaitkan materi dengan pengetahuan yang lain relevan, mengaitkan materi dengan realitas kehidupan, menggunakan media, menggunakan metode/strategi pembelajaran, menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, menunjukkan respon terbuka terhadap respon siswa, menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar, membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, melakukan penilaian (tes) akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan), memberikan penghargaan, maka pada siklus II 16 komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan oleh guru, (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara individual juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 72,2% (akhir siklus 1) menjadi 94,4% di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan 65,0. (3) Hasil belajar siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu 74,0% (akhir siklus 1) menjadi 95,0% (akhir siklus2) dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:32
Last Modified: 10 Aug 2015 04:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item