EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pembelajaran SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan

Laila, Ekawati (2015) Manajemen Pembelajaran SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV PAPARAN DATA PENELITIAN.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (141kB) | Preview

ABSTRAK

Laila Ekawati, Manajemen Pembelajaran SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura Kalimantan Selatan di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag dan (II) Dr. Ani Cahyadi, M. Pd. Tesis, Pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, program studi Ilmu Pendidikan Islam, konsentrasi Pendidikan Agama Islam 2014. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran SMA Darul Hijrah Puteri sebagai lembaga pendidikan Islam yang memadukan kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum pondok pesantren. Manajemen pembelajaran memegang peranan kunci dalam penyelenggaraan pendidikan yang memadukan dua tradisi pendidikan yang berbeda agar mampu menghasilkan nilai plus. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan manajemen pembelajaran yang meliputi Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling). Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan pedekatan deskriptif kualitatif. Guna memperkuat uraian data, maka dilengkapi dengan teori dari para ahli dan pendapat dari peneliti sendiri. Setelah data dianalisis, selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran di SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura dilakukan dengan memadukan kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum pondok pesantren serta kurikulum kompetensi berupa kompetensi bahasa asing, kompetensi membaca Al-Quran, kompetensi akhlak, kompetensi skill, serta kompetensi ekstrakurikuler. Perpaduan kurikulum dijabarkan dalam perencanaan pembelajaran di kelas dan dalam perencanaan pola pendidikan dan pengajaran (tarbiyah wa ta’lim) yang diterapkan dalam sistem pengasuhan. (2) Pengorganisasian pembelajaran di SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura dilakukan dengan pembuatan peta kerja, penjadwalan pembelajaran di kelas dan luar kelas, serta kegiatan harian yang menunjang pembelajaran di kelas dan luar kelas. Selain itu juga dilakukan pembagian siswa berdasarkan tingkat kemampuan dasar dengan adanya kelas Intensif. (3) Pelaksanaan pembelajaran di SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Pembelajaran di kelas menggunakan sistem klasikal. Pembelajaran di luar kelas dilaksanakan pola pendidikan dan pengajaran dalam sistem pengasuhan. (4) Pengawasan pembelajaran di SMA Darul Hijrah Puteri Batung Cindai Alus Martapura dilakukan secara eksternal dan internal dalam bentuk pengawasan proses dan evaluasi hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:32
Last Modified: 10 Aug 2015 04:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item View Item