EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Negeri Belanti Tahun Ajaran 2013/2014.

Muhamad, Aini (2015) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Negeri Belanti Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - SELESAI.pdf

Download (403kB) | Preview

ABSTRAK

Muhamad Aini, 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Materi Bilangan Romawi Dengan Menerapkan Metode Kerja Kelompok Pada Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Negeri Belanti Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. Suriagiri, M.Pd. Kata kunci : Hasil belajar, metode kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II pada MIN Belanti untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode kerja kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kerja kelompok tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1,2 dan siklus 3 terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Belanti pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Matematika yang telah ditetapkan yaitu 70,00; (3) hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori baik (akhir siklus 3). Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 sebesar 67,60, siklus 2 sebesar 71,40 dan siklus III dengan nilai 77,60 dengan demikian terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil tes formatib dari siklus I,II dan III. Dari beberapa temuan tersebut diatas, berarti modal kerja kelompok dapat dijadikan salah satu modal pembelajaran untuk meningkatkan hasil tes siswa khususnya pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:32
Last Modified: 10 Aug 2015 04:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item