EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Hulu sungai Utara (Studi pada MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai)

Zulaikha, Zulaikha (2015) Manajemen Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Hulu sungai Utara (Studi pada MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (154kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Zulaikha, Manajemen Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Hulu sungai Utara (Studi pada MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai), Di bawah bimbingan Prof. Dr. Syaifuddin Sabda, M. Ag. dan Dr. Ahmad Salabi, M.Pd, Tesis, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2014. Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan madrasah yang sekarang ini sedang menghadapi berbagai tuntutan. Diantara tuntutan tersebut adalah tentang peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia. Pemerintah sudah menetapkan ketentuan batas minimal nilai kelulusan ujian nasional bagi siswa kelas tiga. Kenyataan tersebut turut mempengaruhi pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah. Oleh karena itu, masa depan siswa serta madrasah ini tergantung pada sejauhmana manajemen pembelajaran dapat diimplementasikan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui lebih dalam tentang manajemen pembelajaran yang dilakukan oleh guru di Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Hulu Sungai Utara, khususnya pada MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai, serta ingin mengetahui peran kepala madrasah dalam pemberdayaan guru di MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai. Hasil penelitian ini diharapkan secara teoretis berguna untuk perbaikan dan pengembangan pengelolaan pembelajaran. Secara praktis, menjadi masukan sekaligus motivasi bagi tenaga kependidikan, terutama bagi guru agar dapat menerapkan keterampilan mengajar secara lebih baik, serta peningkatan kualitas lulusan yang memuaskan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ditetapkan lingkup penelitian yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kedua madrasah tersebut yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Data diambil dari hasil penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan partisipatoris. Adapun yang menjadi sumber utama dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan dewan guru pada MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai yang dijadikan sebagai informan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dari berbagai sumber, observasi, dan studi dokumenter. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran di MAN 1 Amuntai dan MAN 3 Amuntai belum dilaksanakan secara optimal, terutama dalam penyusunan RPP yang diambil secara copas dan pelaksanaan pembelajaran yang tidak didasarkan pada RPP yang ada. Selain itu, sebagian besar pelaksanaan pembelajaran masih berorientasi pada guru, dalam arti guru lebih banyak menumpahkan pengetahuannya kepada siswa tanpa banyak melibatkan peran aktif siswa dalam menggali sumber belajar. Adapun peran kepala madrasah, baik Kepala MAN 1 Amuntai maupun Kepala MAN 3 Amuntai telah berupaya meningkatkan pembelajaran di madrasah, mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Hal tersebut merupakan bagian dari pemberdayaan guru. Mulai dari memeriksa perangkat pembelajaran yang disusun oleh guru kemudian mensahkannya, memantau kegiatan pembelajaran, dan memantau kegiatan evaluasi. Selain itu kepala madrasah juga mengikutkan para guru dalam berbagai kegiatan pelatihan terkait dengan manajemen pembelajaran, seperti pada kegiatan MGMP dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:32
Last Modified: 10 Aug 2015 04:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item