EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Kesiswaan Pondok Pesantren Nahdlatussalam Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas (Studi pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah)

Masniah, Masniah (2015) Manajemen Kesiswaan Pondok Pesantren Nahdlatussalam Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas (Studi pada Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah). Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview

ABSTRAK

MASNIAH: MANAJEMEN KESISWAAN PONDOK PESANTREN NAHDLATUSSALAM KECAMATAN KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS (STUDI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH, MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH), di bawah bimbingan I: Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla M. M.Pd., dan II: Dr. Hj. Nuril Huda, M.Pd, pada Pascasarjana Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin, 2014. Kata Kunci: Manajemen, kesiswaan, dan pondok pesantren. Manajemen kesiswaan adalah kegiatan pengaturan dan pengelolaan siswa dimulai dari masuk sekolah, sampai dengan lulus dengan memberikan layanan sebaik mungkin agar tercapai tujuan yang diharapkan. Menjadikan Madrasah Ibtidaiyah,Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Nahdlatussalam menarik untuk diteliti adalah 1. Jumlah siswanya cukup besar, 2. siswa laki-laki dan siswa perempuan dipisah pada kelas yang berbeda meskipun pengajaran dilakukan secara klasikal, 3.seluruh siswanya wajib bisa baca tulis Alquran. Fokus masalah pada penelitian ini, yakni pelaksanaan rekrutmen siswa baru, penempatan siswa baru (pembagian kelas), pencatatan dan pelaporan siswa baru dan lama, pelaksanaan pembinaan dan pengembangan siswa, penetapan tata tertib siswa dan penerapannya, pengaturan siswa yang mutasi dan drop out, serta pelaksanaan kelulusan siswa dan pengaturan alumni pada Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah Nahdlatussalam Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di jalan Anjir Serapat Tengah Km 11, Kecamatan Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian ini adalah: Rekrutmen siswa baru dilakukan dengan cara pengumuman di mesjid dan spanduk di pintu gerbang sekolah. Penerimaan siswa baru dilakukan oleh panitia penerima siswa baru pada masing-masing jenjang. Penempatan (pembagian kelas) di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatussalam dilakukan sesuai dengan daftar urut pendaftaran, dan penempatan sesuai dengan jenis kelamin, lulusan, dan diurut sesuai abjad nama di Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Nahdlatussalam. Layanan bimbingan siswa atau BK belum ada guru yang bertugas secara khusus menangani. Disiplin siswa diterapkan dengan cara memberikan nasihat, arahan dan sanksi serta pemanggilan orang tua tanpa hukuman fisik. Upaya sekolah melakukan fungsi kontrol terhadap siswa yang mutasi sudah dilaksanakan, dilihat dari adanya buku catatan siswa yang mutasi dan drop out. Pengumuman kelulusan siswa dilaksanakan langsung ke siswa tanpa menghadirkan orang tua atau wali siswa xi Saran kepada panitia Penerimaan Siswa Baru dapat lebih kreatif lagi melaksanakan pengumuman pendaftaran ke masyarakat. Bagi Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah agar dapat menyediakan tenaga Bimbingan Konseling (BK) dan membentuk Organisasi Intra Sekolah (OSIS).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 10 Aug 2015 00:52
Last Modified: 11 Aug 2015 00:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item