EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar

NORLENA, NORLENA (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (300kB) | Preview

ABSTRAK

NORLENA. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Strategi Index Card Match Pada Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Emroni, M. Ag. Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II semester II pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kabupaten Banjar, untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Aktif tipe Index Card Match. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 35 menit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan, Kabupaten Banjar, semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru pada mata pelajaran matematika materi bangun datar pada siswa kelas II MIN Pembantanan Kabupaten Banjar berjalan dengan baik dan maksimal. Aktivitas tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,53% yaitu dari 83,3% pada pertemuan pertama siklus I menjadi 95,83% pada pertemuan pertama siklus II. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat dari persentase 68% hingga mencapai 96%. (3) Hasil belajar siswa meningkat dengan diterapkannya strategi pembelajaran Index card match pada materi bangun datar dilihat dari tes hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai pada pertemuan pertama yaitu 50,5 dan pertemuan kedua 54,7. Kemudian pada siklus II yakni pada pertemuan pertama 63,5 dan pada pertemuan kedua 77,05. Dengan demikian strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar dapat dikatakan berhasil karena hasil yang dicapai sudah memenuhi ketuntasan dalam belajar yang targetnya nilai ketuntasan belajar 56,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: atailah atay wahdah
Date Deposited: 10 Aug 2015 04:32
Last Modified: 10 Aug 2015 04:32
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item