EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkani Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMK Di Kota Banjarmasin

Qurtobi, Muhammad (2015) Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkani Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMK Di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana. (Unpublished) (Unpublished) (Unpublished)

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (239kB) | Preview

ABSTRAK

Muhammad Qurtobi: Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkani Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMK Di Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M.Ag. dan (II) Dr. H. Hidayat Ma’ruf, M.Pd. Tesis, Pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015. Kata Kunci: Peran dan Profesionalisme. Studi dalam penelitian ini adalah mengenai peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI pada SMK di Kota Banjarmasin. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus mampu berperan secara optimal dalam menampilkan nilai-nilai keIslaman yang lebih dinamis dan aplikatif. Adapun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa guru PAI sekarang ini harus memiliki skill dan kompetensi yang handal sehingga diharapkan dapat bersaing secara positif bagi kemajuan dan pengamalan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan MGMP PAI adalah salah satu wadah kegiatan guru pendidikan agama Islam dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru PAI itu sendiri. Fokus masalah pada tesis ini adalah (1) Bagaimana profesionalisme guru PAI pada SMK di Kota Banjarmasin ?, (2) Apa saja kegiatan MGMP dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di Kota Banjarmasin ? dan (3) Bagaimana peran MGMP PAI dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI pada SMK di Kota Banjarmasin ?. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya kenyataan yang ditemukan di lapangan. Dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan maksud untuk mendapatkan gambaran yang lengkap tentang peran MGMP PAI SMK di Kota Banjarmasin dalam meningkatkan profesionalisme bagi guru PAI pada SMK di Kota Banjarmasin. Subjek penelitiannya adalah (a) Koordinator dan Ketua MGMP PAI SMK, (b) Guru PAI SMK yang telah memiliki sertifikat pendidik berjumlah 17 orang. Dengan objek penelitiannya adalah (a) Profesionalisme guru PAI SMK (b) Kegiatan-kegiatan MGMP PAI SMK Kota Banjarmasin, dan (c) Peran MGMP PAI SMK Kota Banjarmasin, meliputi visi dan misi, struktur dan program kerja MGMP. Dengan alat pengumpul data,yaitu wawancara, observasi dan dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Guru PAI SMK di Kota Banjarmasin yang bersertifikasi sudah memahami hal-hal berikut ini (a) Menguasai materi, struktur, konsep PAI (b) Menguasai SK/KD PAI (c) Mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif (d) Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan (e) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Dan disarankan agar guru PAI SMK Kota Banjarmasin terus belajar demi meningkatkan profesionalismenya sehingga tercapai tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 10 Aug 2015 00:17
Last Modified: 10 Aug 2015 00:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1219

Actions (login required)

View Item View Item